Andian Anggraeni
Andian Anggraeni

0812 2774 2387
PIN BB: 28D7790C

   
Lina / Nita
Lina / Nita

0818 0423 1045
(0274) 688 1416

   
 
 
twitter.com/belanjabatikcom
 
 
Bookmark and Share
 
 
54.161.175.231

USER ONLINE : 5
TOTAL VISITOR : 2407677
 
 
 

Showroom kami di Jakarta (Thamrin City, Lantai Dasar 1 Blok G area batik Yogya/Bantul dan Lantai 1 Blok A8a No 3) dan di Yogya (XT Square, Eks Terminal Lama Umbulharjo, Blok C1 Lantai 1 No 15). BelanjaBatik.com hadir di Malioboro Mall d Atrium Selatan depan JCO tanggal 15 s/d 26 september 2014.

Berita  |  Artikel  | 
 
 
Batik Indonesia: Sejarah pada Masa Perkembangan Islam
Penulis :BelanjaBatik.com
 

Perkembangan batik Indonesia pada masa perkembangan Islam; terutama di pulau Jawa; melaju dengan pesat melalui beberapa sentral batik, yang utamanya adalah kerajaan Mataram yang sangat giat mengembangkan wilayah.

1. Batik Indramayu

Batik klasik Indramayu mulai dikenal sekitar abad ke 13-14, yaitu pada saat kejayaan Kerajaan Manuk Rawa dengan pelabuhan terbesar di Pulau Jawa di muara Cimanuk. Kesenian Batik daerah ini kemudian mulai berkembang pada masa kerajaan Demak, dimana pada saat itu banyak pengrajin dari Lasem yang hijrah ke Indramayu. Hal ini menyebabkan batik Dermayon / Batik Paoman / Batik Indramayu memiliki corak yang hampir sama dengan Batik Lasem yang juga dipengaruhi oleh pedagang dari Cina.

Pengaruh selanjutnya datang dari Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung yang melakukan ekspansi kekuasaan ke arah Barat. Pada masa itu Sultan Agung memerintahkan para petani pemukim yang berasal dari Mataram untuk menetap di Indramayu.

2. Batik Cirebon

Batik Cirebon pada awalnya mungkin diperkenalkan pada saat runtuhnya kerajaan Pajang. Cirebon pada saat pemerintahan Sunan Gunung Jati merupakan pusat Kerajaan Islam sekaligus merupakan pelabuhan penting bagi jalur perdagangan lintas benua. Pola Batik Kraton Cirebon banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Cina antara lain tampak pada ragam pola mega dan wadasan.

Pada perkembangan berikutnya, beberapa pola tercipta dari pengaruh kerajaan Mataram yang diperkirakan terjadi karena adanya ikatan pernikahan antara Sultan Agung dengan putri kraton Cirebon.

Batik Mega Mendung Cirebon

3.  Batik Mataram

Sejak masa Sultan Agung menjadi raja Islam pertama di Mataram (1613-1645), Corak Batik Mataram telah mendapat pengaruh dari kebudayaan Cina. Diceritakan bahwa Sultan Agung menggunakan Batik dengan motif burung Huk (phoenix). Pengaruh ini mungkin dimunculkan oleh para imigran suku minoritas Cina Selatan dan Tenggara.

Perluasan pengaruh kraton Mataram terhadap kerajinan Batik daerah selanjutnya melahirkan ragam corak yang disebut dengan Batik Pengaruh Kraton.

 

PROMOSIKAN HALAMAN INI
Bookmark and Share

Artikel
Rawat Baju Batik dengan Lerak
Batik Tulis: Cara Pembuatan
Batik: Ragam Berdasarkan Pengaruh Zaman dan Lingkungan
Batik Indonesia: Sejarah pada Masa Perkembangan Islam
Wear Batik, Get Free Ticket
Kereta Batik
Baju Batik Motif Ulat Bulu
Baju Batik Murah
Batik Indonesia: Sejarah & Perkembangan Sebelum Dan Pada Masa Majapahit
Batik: Pengertian & Macam Berdasarkan Cara Pembuatan
Selanjutnya Akhir
 
 
 
 
 
SHOPPING CHART KOSONG
 
 
EMAIL
PASSWORD
 

 
 
 
 
 
 
 
Rawat Baju Batik dengan Lerak

Baju batik akan lebih awet jika dicuci dengan lerak, deterjen khusus batik.


Batik Tulis: Cara Pembuatan

Kenali tiga cara pembuatan batik tulis, yaitu pembuatan batik secara tradisional, secara kesikan dan secara pesisiran / Pekalongan.


Batik: Ragam Berdasarkan Pengaruh Zaman dan Lingkungan

Batik sejak awal kemunculannya di Indonesia telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pengaruh zaman dan lingkungan. Batik dapat mengungkapkan berbagai hal, seperti asal, siapa yang mengenakan, kapan dikenakan dan makna dibalik pola dan ragam hiasnya.


 
jne.co.id
 
 
Muntashiroh
Terimakasih barang sudah diterima
[25 Aug 14 , 11 : 58 AM ]
 
vivi kumoro
thanks,barang tiba dengan packing yang rapi dan sesuai dengan gambar
[12 Apr 14 , 10 : 32 AM ]
 
 
Baca Semua Testimonial
 
 
 
 
Web BelanjaBatik.com
 
BelanjaBatik.com
Showroom: XT Square Yogyakarta - Blok C1 Lantai 1 No 15 (Eks Terminal Lama Umbulharjo). Office: Jl. Madukismo 10 (depan minimarket WS), Yogyakarta
Telp : 0812-2774-2387 / 0818-0645-2136 / 0818-0423-1045 / (0274) 688-1416 Fax : -
Email : admin@belanjabatik.com