Andian Anggraeni
Andian Anggraeni

0812 2774 2387
PIN BB: 28D7790C

   
Lina / Nita
Lina / Nita

0818 0423 1045
(0274) 688 1416

   
 
 
twitter.com/belanjabatikcom
 
 
Bookmark and Share
 
 
23.22.128.96

USER ONLINE : 6
TOTAL VISITOR : 2384033
 
 
 

Showroom kami di Jakarta (Thamrin City, Lantai Dasar 1 Blok G area batik Yogya/Bantul dan Lantai 1 Blok A8a No 3) dan di Yogya (XT Square, Eks Terminal Lama Umbulharjo, Blok C1 Lantai 1 No 15). BelanjaBatik.com hadir di Jogja City Mall sampai akhir bulan agustus 2014, MOG Malang tanggal 26 agustus s/d 7 september 2014, Java Mall Semarang tanggal 29 agustus s/d 3 september 2014.

Berita  |  Artikel  | 
 
 
Batik Indonesia: Sejarah & Perkembangan Sebelum Dan Pada Masa Majapahit
Penulis :Merriel Razak & Andian Anggraeni
 
Batik Indonesia telah diakui sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi oleh UNESCO. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa Batik Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, memiliki keterikatan yang sangat erat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat yang berkembang sejak zaman nenek moyang. Batik awalnya merupakan pakaian keluarga kerajaan.
Seorang Antropolog bernama Rens Heringa yang meneliti Batik Jawa selama lebih dari 25 tahun mengatakan bahwa mitos paling awal tentang batik sudah ada pada kira-kira tahun 700 Masehi, yaitu saat Pangeran Lembu Amiluhur mempersunting seorang putri bangsawan Coromandel, India. Putri dan para dayangnya yang beragama Hindu mengajarkan cara membatik kepada orang-orang Jawa. Hal ini sejalan dengan pendapat GP Rouffaer bahwa cara membatik di Indonesia diperkenalkan dari India atau Srilanka pada abad ke-6 atau ke-7. GP Rouffaer juga menyimpulkan bahwa canting ditemukan di Jawa sekitar abad ke-12, hal ini dikarenakan pada saat itu batik dengan pola gringsing sudah dikenal di Kediri, Jawa Timur. Batik dengan pola gringsing hanya bisa dibentuk dengan menggunakan canting.
Batik di Indonesia mulai berkembang pada zaman Majapahit. Batik pada awalnya merupakan seni yang dikerjakan oleh sebatas kalangan kerajaan di dalam kraton. Batik kemudian berkembang menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang karena dibawa oleh para pengikut raja yang tinggal diluar lingkungan kraton.
Perkembangan batik pada zaman Majapahit dapat ditelusuri di daerah Mojokerto dan Tulung Agung. Perkembangan batik di Tulung Agung tidak terlepas dari kisah Adipati Kalang yang tidak mau tunduk pada pemerintahan Majapahit. Alkisah, penguasa Tulung Agung (dulu Bonorowo) tersebut tidak mau tunduk terhadap pemerintahan Majapahit yang menyebabkan terjadinya pertempuran dan berakhir dengan tewasnya sang Adipati disekitar desa yang sekarang bernama Kalangbret. Para petugas dan keluarga kerjaan Majapahit kemudian menetap dan mengembangkan batik di daerah tersebut. Ciri khas Batik Kalangbret dan Mojokerto memiliki kemiripan dengan Batik Yogyakarta, yaitu bercorak coklat dan biru tua pada dasaran berwarna putih.
 
 

PROMOSIKAN HALAMAN INI
Bookmark and Share

Artikel
Rawat Baju Batik dengan Lerak
Batik Tulis: Cara Pembuatan
Batik: Ragam Berdasarkan Pengaruh Zaman dan Lingkungan
Batik Indonesia: Sejarah pada Masa Perkembangan Islam
Wear Batik, Get Free Ticket
Kereta Batik
Baju Batik Motif Ulat Bulu
Baju Batik Murah
Batik Indonesia: Sejarah & Perkembangan Sebelum Dan Pada Masa Majapahit
Batik: Pengertian & Macam Berdasarkan Cara Pembuatan
Selanjutnya Akhir
 
 
 
 
 
SHOPPING CHART KOSONG
 
 
EMAIL
PASSWORD
 

 
 
 
 
 
 
 
Rawat Baju Batik dengan Lerak

Baju batik akan lebih awet jika dicuci dengan lerak, deterjen khusus batik.


Batik Tulis: Cara Pembuatan

Kenali tiga cara pembuatan batik tulis, yaitu pembuatan batik secara tradisional, secara kesikan dan secara pesisiran / Pekalongan.


Batik: Ragam Berdasarkan Pengaruh Zaman dan Lingkungan

Batik sejak awal kemunculannya di Indonesia telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pengaruh zaman dan lingkungan. Batik dapat mengungkapkan berbagai hal, seperti asal, siapa yang mengenakan, kapan dikenakan dan makna dibalik pola dan ragam hiasnya.


 
jne.co.id
 
 
Muntashiroh
Terimakasih barang sudah diterima
[25 Aug 14 , 11 : 58 AM ]
 
vivi kumoro
thanks,barang tiba dengan packing yang rapi dan sesuai dengan gambar
[12 Apr 14 , 10 : 32 AM ]
 
 
Baca Semua Testimonial
 
 
 
 
Web BelanjaBatik.com
 
BelanjaBatik.com
Showroom: XT Square Yogyakarta - Blok C1 Lantai 1 No 15 (Eks Terminal Lama Umbulharjo). Office: Jl. Madukismo 10 (depan minimarket WS), Yogyakarta
Telp : 0812-2774-2387 / 0818-0645-2136 / 0818-0423-1045 / (0274) 688-1416 Fax : -
Email : admin@belanjabatik.com