Andian Anggraeni
Andian Anggraeni

0812 2774 2387
PIN BB: 28D7790C

   
Lina / Nita
Lina / Nita

0818 0423 1045
(0274) 688 1416

   
 
 
twitter.com/belanjabatikcom
 
 
Bookmark and Share
 
 
54.82.77.50

USER ONLINE : 1
TOTAL VISITOR : 27053
 
 
 

Showroom kami di Jakarta (Thamrin City, Lantai Dasar 1 Blok G area batik Yogya/Bantul) dan di Yogya (XT Square, Eks Terminal Lama Umbulharjo, Blok C1 Lantai 1 No 15). BelanjaBatik.com hadir di Malioboro Mall di Atrium Selatan depan Samsung 25 Oktober s/d 2 November 2014.

Berita  |  Artikel  | 
 
 
Batik: Ragam Berdasarkan Pengaruh Zaman dan Lingkungan
Penulis :BelanjaBatik.com
 

Batik sejak awal kemunculannya di Indonesia telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pengaruh zaman dan lingkungan. Batik Indonesia; khususnya di Pulau Jawa; dengan sendirinya dapat mengungkapkan berbagai hal, seperti asal, siapa yang mengenakan, kapan dikenakan dan makna dibalik pola dan ragam hiasnya.

1.  Batik Kraton

Batik dengan pola tradisional yang merupakan perpaduan antara seni, adat, pandangan hidup dan kepribadian yang melahirkannya. Batik ini terutama tumbuh di lingkungan kraton-kraton Jawa, antara lain Batik Dinasti Mataram (yang meliputi Batik Kraton Surakarta, Batik Pura Mangkunegaran, Batik Kraton Yogyakarta dan Batik Pura Pakualaman), Batik Kraton Cirebon dan Batik Kraton Sumenep.

2.  Batik Pengaruh Kraton

Batik Pengaruh Kraton merupakan perpaduan antara ragam hias utama Batik Kraton Mataram dengan ragam hias Batik khas daerah setempat. Batik ini tumbuh dikarenakan usaha perluasan wilayah Kraton Mataram sejak zaman Sultan Agung. Batik pengaruh Kraton antara lain terlihat pada beberapa ragam corak Batik Indramayu, Batik Garut dan Batik Banyumas

3.  Batik Saudagar

Batik yang dihasilkan oleh para saudagar ini memiliki pola yang bersumber dari Batik Kraton; terutama pola larangan; tetapi ragam hias utama dan isen polanya diubah sedemikian rupa. Salah satu ragam hias Batik Saudagaran yang terkenal adalah Batik Tiga Negri.

4.  Batik Petani

Batik Petani disebut juga Batik Pedesaan adalah Batik yang biasa digunakan oleh kaum petani dimana pola-polanya tetap bersumber dari Kraton yang kemudian digubah dengan ragam hias yang berasal dari alam sekitar (flora dan fauna). Beberapa contoh Batik Petani adalah Batik Bayat (Klaten), Batik Wijirejo (Bantul), Batik Imogiri, Batik Tuban, Batik Indramayu dan Batik Tulungagung.

5.  Batik Pengaruh India

Batik pengaruh India ini menggunakan ragam hias kain sembagi dan kain patola dari India. Produk turunan dari Batik ini adalah Batik Jlamprang atau Batik Nitik. Batik sembagi juga berkembang dengan pesat di Masyarakat Jambi dalam bentuk kain Bang-Biru.

6.  Batik Rifa’iyah

Batik yang merupakan corak dengan paham Islam yang kuat ini biasanya diproduksi oleh warga keturunan Arab. Dalam Batik Rifa’iyah; sejalan dengan budaya Islam; motif yang berhubungan dengan benda bernyawa tidak boleh tergambar secara jelas sesuai dengan aslinya.

7.  Batik Belanda

Batik Belanda tumbuh dan berkembang kebanyakan didaerah pesisir dan hamper keselurahnnya berbentuk sarung. Batik Belanda sebagian besar menampilkan oaduan Buket Bunga dengan ragam hias burung atau kupu-kupu. Terdapat pula Batik belanda dengan ragam hias dongeng-dongeng Eropa. Selain Batik Pekalongan, salah satu turunan dari Batik Belanda adalah Batik Semarangan.

8.  Batik Cina

Batik Cina adalah Batik yang dibuat oleh orang-orang Cina atau peranakan dengan menampilkan pola dengan ragam hias satwa mitos bangsa Cina seperti naga, kilin, burung hong dan lainnya. Banyak terdapat di Pekalongan, Lasem, Cirebon, Demak dan Kudus.

9.  Batik Jawa Hokokai

Batik Jawa Hokokai adalah Batik yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan Batik di Pekalongan (terutama perusahaan Cina) pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia. Ciri khas Batik Jawa Hokokai adalah selalu hadir dalam bentuk “pagi-sore”; yaitu Batik dengan penataan dua pola berlainan pada satu kain. Ciri lain adalah pada bagian pola yang disebut susomoyo atau pola pinggiran yang terdiri dari ragam hias bunga dan kupu-kupu yang diatur dari pojok atas kearah bawah seperti tata susun pola kimono. Batik ini berkembang hingga tahun 1950an dengan sebutan Batik Jawa Baru.

10.  Batik Indonesia

Batik Indonesia merupakan perpaduan pola tradisional Batik Kraton dan proses Batik pesisiran dan juga mengandung makna persatuan Indonesia dengan memasukkan ragam hias yang berasal dari berbagai suku bangsa di Indonesia.Produk turunan Batik Indonesia yang terkenal adlah Batik Terang Bulan dan Batik Wonogiren.

11.  Batik Modern

Batik yang pada proses pembuatannya menggunakan sistem baru sesuai dengan perkembangan teknologi tanpa meninggalkan identitas Batik itu sendiri. Contoh produk turunannya adlah Batik dengan teknik pewarnaan Gradasi dan Batik Fractal.

 

PROMOSIKAN HALAMAN INI
Bookmark and Share

Artikel
Rawat Baju Batik dengan Lerak
Batik Tulis: Cara Pembuatan
Batik: Ragam Berdasarkan Pengaruh Zaman dan Lingkungan
Batik Indonesia: Sejarah pada Masa Perkembangan Islam
Wear Batik, Get Free Ticket
Kereta Batik
Baju Batik Motif Ulat Bulu
Baju Batik Murah
Batik Indonesia: Sejarah & Perkembangan Sebelum Dan Pada Masa Majapahit
Batik: Pengertian & Macam Berdasarkan Cara Pembuatan
Selanjutnya Akhir
 
 
 
 
 
SHOPPING CHART KOSONG
 
 
EMAIL
PASSWORD
 

 
 
 
 
 
 
 
Rawat Baju Batik dengan Lerak

Baju batik akan lebih awet jika dicuci dengan lerak, deterjen khusus batik.


Batik Tulis: Cara Pembuatan

Kenali tiga cara pembuatan batik tulis, yaitu pembuatan batik secara tradisional, secara kesikan dan secara pesisiran / Pekalongan.


Batik: Ragam Berdasarkan Pengaruh Zaman dan Lingkungan

Batik sejak awal kemunculannya di Indonesia telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pengaruh zaman dan lingkungan. Batik dapat mengungkapkan berbagai hal, seperti asal, siapa yang mengenakan, kapan dikenakan dan makna dibalik pola dan ragam hiasnya.


 
jne.co.id
 
 
Ari Prasetyo
Responnya sangat cepat, barang terkirim dengan sangat rapih, bahan serta coraknya bagus dan harganya juga murah...tetapi tidak terkesan murahan, terima kasih belanjabatik.com.
[20 Oct 14 , 3 : 51 PM ]
 
rianik
barangnya cepet banget sampe di kupang. kain nya bagus, harganya murah, tapi gak murahan. makasih ya.
[08 Oct 14 , 3 : 04 PM ]
 
 
Baca Semua Testimonial
 
 
 
 
Web BelanjaBatik.com
 
BelanjaBatik.com
Showroom: XT Square Yogyakarta - Blok C1 Lantai 1 No 15 (Eks Terminal Lama Umbulharjo). Office: Jl. Madukismo 10 (depan minimarket WS), Yogyakarta
Telp : 0812-2774-2387 / 0818-0645-2136 / 0818-0423-1045 / (0274) 688-1416 Fax : -
Email : admin@belanjabatik.com